Minggu, 11 Agustus 2019

Masjid Raya Bandung Bagikan Ribuan Daging Kurban Pakai Besek


Foto: Mukhlis Dinillah

Bandung - DKM Masjid Raya Bandung membagikan daging kurban kepada sekitar 5.000 mustahik. Sebagian daging kurban tersebut didistribusikan menggunakan besek berbahan bambu, sisanya masih menggunakan plastik.

Ribuan mustahik selepas Salat Ashar sudah mendatangi Masjid Raya Bandung. Mereka berbaris membentuk shaf salat menunggu giliran mendapatkan daging kurban yang disiapkan petugas.

Warga yang datang secara bergantian menuju pintu keluar. Di sana, petugas sudah menunggu dengan sekantong daging seberat 0,5 kilogram. Proses pembagian berlangsung dengan tertib


Ratusan petugas dari DKM, polisi dan TNI juga ikut mengawal proses pembagian daging kurban tersebut.

Masjid Raya Bandung Bagikan Ribuan Daging Kurban Pakai BesekFoto: Mukhlis Dinillah


Ketua panitia kurban Masjid Raya Bandung Asep Hilman mengatakan tahun ini ada 10 sapi dan 12 domba yang disembelih. Hewan kurban tersebut berasal dari pejabat, perusahaan hingga jemaah.

"Tahun lalu kita hanya sembilan 9, sekarang 10. Jadi awalnya estimasi 3.000 (mustahik), tapi ternyata tahun ini meningkat jadi 5.000 (mustahik), mudah-mudahan cukup," kata Asep kepada wartawan, Minggu (11/8/2019).

Ia menuturkan pembagian daging kurban tahun ini tidak menggunakan kupon. Pasalnya, sambung dia, pihaknya tidak bisa memastikan jumlah hewan yang disembelih setiap tahunnya.

"Karena tradisi kita tidak secara terbuka menginformasikan, menunggu yang kurban, baru bisa estimasi. Makanya tidak pakai kupon 5 tahun terakhir, karena penerima datang dari berbagai daerah," ungkap dia.

Perbedaan dari tahun lalu, pihaknya mulai menggunakan besek dalam pendistribusian daging kurban. Namun, tahun ini baru dilakukan untuk 2.000 penerima saja.

"Kita mengapresiasi imbauan pemerintah makanya pakai besek. Tapi tahun ini baru bisa 2.000 saja, sisanya masih pakai plastik," ujar Asep.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapoda Jabar Irjen Rudy Safriadi hingga Wali Kota Bandung Oded M Danial menitipkan hewan kurbannya di Masjid Raya Bandung. yd1jni@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar