Rabu, 07 Agustus 2019

Macam-Macam Salat Sunah, Mulai dari Salat Rawatib hingga Salat Sunah Sebelum Salat Jumat


 Bandung - Sholat merupakan ibadah wajib bagi umat muslim. Ibadah sholat ini bahkan diwajibkan bagi mereka yang sedang dalam perjalanan ataupun sedang sakit.

Sholat, yang merupakan rukun Islam setelah syahadat, tentu adalah hal yang sangat penting untuk ditegakkan setiap umatnya agar agama Islam tetap berdiri di muka Bumi.

Selain ibadah wajib sholat yang berjumlah 5 waktu dalam sehari, terdapat deretan ibadah sholat sunah yang bisa dikerjakan untuk memetik pahala lebih, atau bahkan dikerjakan sesuai dengan momen dan kebutuhan Anda.

Berikut deretan sholat sunah seperti dirangkum  dari berbagai sumber.



Sholat Sunnah Sebelum Subuh

Salah satu sholat sunah yang memiliki keutamaan yang besar meskipun hanya dua rakaat. Salat sunah ini adalah sholat fajar yang dilakukan sebelum subuh.

dalam sebuah riwayat shahih, Rasulullah Muhammad SAW bersabda tentang keutamaan yang terkandung dalam sholat sunah Fajar.

"Dua rakaat salat fajar lebih baik dari dunia seisinya."

Sholat sunah fajar memiliki banyak nama. Ada yang menyebutnya dengan sholat sunah qabla subuh karena dikerjakan sebelum subuh. Ada pula yang menamainya sholat sunah barad dengan alasan sholat dikerjakan saat dinginnya pagi.

Syeikh An Nawawi Al Bantani dalam Nihayatuz Zain kemudian membolehkan niat salat sunah ini menggunakan istilah apa saja. Yang perlu diperhatikan, sholat ini jangan sampai dikerjakan berlama-lama karena hukumnya sunah.

Rasulullah SAW juga melaksanakan sholat sunnah ini dengan singkat. Sehingga, dalam sholat, Rasulullah terbiasa membaca Surat Al Kafirun usai Surat Al Fatihah pada rakaat pertama dan Surat Ikhlas usai Al Fatihah pada rakaat kedua.

Bisa juga membaca Al Insyirah pada rakaat pertama usai Al Fatihah. Sedangkan pada rakaat kedua membaca Surat Al Fiil. Kebiasaan bacaan sholat sunnah seperti ini juga dilakukan Rasulullah SAW.

Kemudian, Syeikh An Nawawi juga menganjurkan membaca bacaan zikir khusus usai sholat sunah fajar dan menunggu subuh

 Bacaan tersebut yaitu "Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta" selama 40 kali dilanjutkan Al Ikhlas 11 kali, Al Falaq 1 kali, lalu An Nas 1 kali, dan ditutup dengan Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Astaghfirullah sebanyak 100 kali.



Niat Salat Sunah Sebelum Subuh

Berikut bacaan niat salat sunah Fajar seperti dilansir dari NU

"Usholli sunnatas shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala."

Namun bacaan niat ini tak selalu saklek seperti di atas. Pasalnya, banyak istilah yang merujuk pada penamaan salat sunah Fajar ini. 

Jadi, Anda bisa juga menggunakan "ushalli sunnatal fajri rok'ataini ada'an lillahi ta'ala." Atau "ushalli sunnatal barodi rok'ataini ada'an lillahi ta'ala."








Tidak ada komentar:

Posting Komentar