Selasa, 03 November 2020

Tips Memadamkan Api dengan Karung Goni


Terjadinya kebakaran besar dimulai dari kebakaran ringan. Kebakaran ringan tersebut justru dapat terjadi di lingkungan rumah Anda. Apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Guna mengatasi kebakaran ringan yang mungkin hadir di rumah, Anda dapat menggunakan karung goni basah sebagai antisipasi awal.  

Sumber: www.msinternational2011.com

Meski berguna, sayangnya karung goni basah hanya bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran kecil pada benda padat dan bukan akibat minyak atau konsleting listrik. Jika kebakaran sulit dipadamkan atau semakin membesar, sebaiknya segera meminta bantuan pemadam kebakaran.

Pada saat memadamkan api menggunakan karung goni basah, Anda harus memperhatikan tips berikut untuk menghindari diri Anda ikut terkena api.

  • Celupkan karung goni ke dalam air, pastikan karung goni tersebut basah menyeluruh. Peganglah karung goni di samping Anda sehingga tidak menutupi pandangan dan berjalanlah ke sumber kebakaran mengikuti arah angin.
     
  • Pegang karung goni tersebut ke hadapan benda yang terbakar dengan posisi Anda tidak melawan arah angin untuk menghindari api menyambar Anda. Berlindunglah di balik karung.
     
  • Berdirilah dengan posisi kuda-kuda dan tutupi benda yang terbakar dengan karung goni basah, jangan melemparnya.

    Sumber: salmanitb.com
     
  • Setelah tertutup dengan karung goni tersebut, usap-usap benda yang terbakar tersebut untuk mempercepat sentuhannya dengan air yang terkandung di karung goni.
     
  • Angkat karung goni tersebut dengan tangan yang tertutup karung dan posisi yang sama pada saat hendak meletakkan karung goni sebelumnya. Tetap pastikan bahwa diri Anda terlindungi dengan cara memegang karung goni tersebut sebagai tameng api.
     
  • Jika api belum padam, celupkan kembali karung goni tersebut ke dalam air dan lakukan kembali pemadaman.
SEMOGA BERMANFAAT DAN SANGAT BERGUNA BUAT KITA SEMUA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar