Minggu, 09 Juni 2019

Subhanallah! Keutamaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam

Subhanallah! Keutamaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam




Sholat tahajud adalah sholat yang sangat istimewa. Satu-satunya sholat sunnah yang memerintahkannya langsung dikembalikan dalam Al Qur'an yang diterima dengan keutamaannya. sholat tahajud dikerjakan selama tidur, dinamakan shalat Tahajud, artinya terbangun malam. Jadi, jika mau mengerjakan sholat Tahajud, harus tidur dulu. Shalat malam (Tahajud) adalah kebiasaan orang-orang shaleh yang menenangkan selalu berdampingan dengan Allah SWT.


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an tentang sholat sunnah paling istimewa ini:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ 
ًًَََََََََ 

Sholat tahajud memiki banyak sekali Manfaat juga keutamaan. Diantara Manfaat dan keutamaan sholat tahajud adalah jalan meraih ridha Allah, dikabulkannya doa-doa dan juga pencegah dari melakukan dosa. Bahkan, karena banyaknya keutamaan dan manfaat sholat tahajud ini, Rasulullah tidak pernah meninggalkan sholat tahajud. Lantas apa saja keutamaan dan Manfaat sholat di sepertiga malam ini?

Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaannya sangat luar biasa, yang membuat kita termotivasi untuk membiasakan diri mengamalkannya, disetujui;

1.  Sholat Sunnah Paling Utama

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagai sabda Rasulullah:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

"Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam" (HR. An Nasa'i)

2.  Kunci Masuk Surga
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan, sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari kompilasi orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat. "(HR. Tirmidzi)

3.  Kemuliaan dan Kewibawaan
Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan meningkatkan kemuliaan dan kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ 
“Dan ketahuilah, kemuliaan dan kewibawaan, mukmin, mukmin ada tempat shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

4.  Menenangkan Hati
Al-'Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan dengan tersembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yang tidak ada artinya oleh semua orang. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di surga. ”[Baca Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah oleh Ibnul Qayyim (hal. 278)].

5.  Dipelihara oleh Allah dari Segala Macam Bencana
Rasulullah SAW, yang bersabda: “Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-dialog, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat "

Apapun lima keutamaan di dunia itu akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan dapat digunakan kata-kata yang bermanfaat hikmah dan akan Dibuat orang bijak, artinya diberi pemahaman dalam agama ”.

6.  Menolak Penyakit
Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis.

7.  Menerima Kebaikan Dunia dan Akhirat
Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di malam hari ada waktu tertentu, yang mana meminta seorang muslim memohon kepada Allah dari yang memberi kesenangan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan yang sesuai, dan hal itu ada di setiap malam . ”(HR Muslim).

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di dalam Taurat dikutip, 'Sungguh Allah telah memberikan kepada orang-orang yang lambungnya jauh dari tempat tidur apa yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah terlewati dalam hati manusia, apa pun yang tidak di-minta oleh Malaikat yang dekat dengan Allah dan Nabi yang diutus-Nya. '”(HR. Al-Marwazi).

Thalhah bin Mashraf berkata, “Aku mendengar ketika laki-laki mendapatkan di malam hari untuk shalat malam, Malaikat memanggilnya, 'Berbahagialah yang disebabkan telah menemukan jalan para ahli ibadah sebelummu.'” Thalhah berkata lagi, “Malam itu pun berwasiat untuk malam setelahnya agar dibangunkannya pada waktu di mana ia bangun. ”Thalhah berkata lagi,“ Kebaikan naik dari atas ke pembelahan rambutnya dan ada penyeru yang berseru, 'Seandainya para bermunajat tahu siapa yang ia minta, maka ia tidak akan berpaling (dari munajatnya) ). '”Atsar ini diriwayatkan oleh al-Aajuri dalam Fadhlu Qiyaamil Laili dengan Tahajjud (hal. 58).

8.  Doanya Dikabulkan
Orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Lebih jika ia dikeluarkan di sepertiga malam yang terakhir.

Waktu Sholat Tahajud

Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan setelah tidur. Sampai sekarang Subuh, dengan didahului tidur. Dan waktu paling penting adalah di sepertiga malam yang terakhir.

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud pada dasarnya sama dengan sholat sunnah pada umumnya. Sebelum sholat disyaratkan suci dari hadats kecil dan hadats besar; suci badan, pakaian dan tempat dari najis; menutup aurat; dan menghadap kiblat.

Sholat tahajud dikerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam. Jumlah pendapat berbeda tentang jumlah perbandingan rakaatnya. Rasulullah SAW melaksanakan 11 rakaat termasuk witir dan dikeluarkan 13 rakaat termasuk witir.

Secara lengkap, tata cara yang sama dengan sholat sunnah dua rakaat pada umumnya, yaitu:

Niat


Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah


Membaca surat Al Fatihah


Membaca surat atau ayat Al Qur'an. Rasulullah biasa membaca surat yang panjangnya panjang.


Ruku 'dengan tuma'ninah


I'tidal dengan tuma'ninah


Sujud dengan tuma'ninah


Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah


Sujud kedua dengan tuma'ninah


Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua


Membaca surat Al Fatihah


Membaca surat atau ayat Al Qur'an. Rasulullah biasa membaca surat yang panjang.


Ruku 'dengan tuma'ninah


I'tidal dengan tuma'ninah


Sujud dengan tuma'ninah


Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah


Sujud kedua dengan tuma'ninah


Tahiyat akhir dengan tuma'ninah


Salam


Demikianlah diulangi hingga empat kali salam. Kemudian berdoa. Dan setelah itu ditutup dengan sholat witir.

Niat Sholat Tahajud

Lafadhujuan sholat tahajud adalah sebagai berikut;

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Berarti:

Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka'at karena Allah ta'ala.

Bacaan niat ini dibaca kompilasi lakukan  takbiratul ihram . Hukum membacanya adalah sunnah, bukan wajib. Maka jika sebelum takbir kita tidak membaca bacaan niat tersebut, hukumnya tetap sah.

Doa Sholat Tahajud

Doa setelah sholat tahajud insya Allah dikabulkan oleh-Nya. Terlebih jika dikerjakan di sepertiga malam yang terakhir, waktu paling istijabah untuk berdoa.

اللهم لك الحمد أنت نور السماوات والأرض ومن فيهن, ولك الحمد أنت قيم السماوات والأرض ومن فيهن, ولك الحمد أنت رب السماوات والأرض ومن فيهن, أنت الحق, ووعدك الحق, وقولك الحق, ولقاؤك الحق, والجنة حق, والنار حق, والساعة حق,

اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ ، وَبِكَ آمَنْتُ ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ، وَإِلَيْكَ أَنَبْاُُ َ ِ ِ فاغفر لي ما قدمت وما أخرت, وما أسررت وما أعلنت, أنت المقدم وأنت المؤخر, أنت إلهي لا إله إلا أنت

Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Inggris yang langit dan bumi dan siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau pencipta langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Engkau Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, surga itu benar, dan kiamat itu benar.

Ya Allah, hanya untuk-Mu pasrah diri, hanya untuk-Mu aku beriman, hanya untuk-Mu aku bertawakkal, hanya untuk-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya untuk-Mu aku memohon permintaan, karena itu , ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi apakah yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar