Minggu, 12 Januari 2020

Ciri-ciri istri Sholehah

Ciri-Ciri Istri Salehah Menurut Alquran


   

SETIAP lelaki pasti mendambakan istri salehah. Selain agar bisa membimbing anak-anak juga dapat memenuhi semua kebutuhan suami untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan warrahmah. Bersama kelak juga akan dipertemukan kembali di surga.

Menikah sendiri merupakan salah satu anjuran di islam agar dapat disetujui seperti yang dijelaskan dalam Alquran:

“Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia menciptakan bagi kalian anak-anak, dan bagi kalian Dia memberikan rezeki yang baik-baik.” [QS.An Nahl (16): 72].

Tentu para lelaki, baik yang akan menikah juga sudah memiliki pasangan, bertanya-tanya tentang bagaimana ciri-ciri wanita salehah? Saya telah mewawancarai Ustadz kondang untuk meminta ciri-ciri istri salehah, berikut ulasannya:

“Ciri-ciri wanita salehah ada lebih banyak di tempat tidak boleh pergi agama, tidak bisa muhrim, taat pada suami, tidak suka berdandan selain untuk mendukung, membantu auratnya, dan menyediakan bantuan teduh, berfikir dan mencari perasaan sesuai keinginan, ”Ujar Ustadz Kiki.

1. Tidak meninggalkan agama

Hadits Rasulullah dalam kitab Mukhtarul Ahaditsin Nabawiyyah:

"Jika seorang wanita salat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, taat kepada suami, meminta kehormatannya, maka akan masuk surga dari pintu mana saja yang dia mau."

2. Mampu menyimpan diri dan harta suami

Ciri-ciri wanita salehah yang kedua sudah membahas dalam Alquran:

“Maka wanita-wanita yang salehah, adalah yang taat (untuk Allah dan untuk suami) lagi yang meminta bantuan kompilasi tidak ada, oleh karena Allah telah memenangkan (mereka).” [An-Nisa: 34].

Rasulullah bersabda, ”Ada tiga macam Keberuntungan (bagi seorang lelaki), yaitu: pertama, memiliki istri yang shalehah, jika kamu melihat melegakan dan jika kamu tinggal pergi ia amanah serta mendukung harapan baru dan hartamu.” (HR Hakim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar