Senin, 23 Maret 2020

Assalamualaikum

Edisi Rajaban bagian 2
Senin, 23 Maret 2020 M/ 28 Rojab 1441 H.

*Kedudukan Shalat Dalam Islam menurut perspektif hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam* 

*jamaah kultum*

1. Shalat adalah salah satu Rukun Islam sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah, (5) berpuasa di bulan Ramadhan.”  (Shahih Bukhari no. 8 dan Shahih Muslim no. 16)

2. Shalat adalah perjanjian antara kaum muslimin dan kafirin. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda:

الْعَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ الصَّلَاةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

"Perjanjian yang ada antara kami dengan mereka (orang kafir) adalah shalat. Maka barangsiapa yang meninggalkannya, sungguh dia telah kafir." (Sunan Tirmidzi no : 2621, Sunan an-Nasai I/231)

3. Shalat merupakan amal yang pertama kali dihisab pada hari kiamat. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ 

"Sesungguhnya amal yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat bagi seorang hamba adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka dia akan beruntung dan sukses, namun jika shalatnya rusak, maka dia telah gagal dan rugi." (Sunan Ibnu Majah, no. 1425; Sunan Tirmidzi, no. 413)

4. Shalat adalah tiang agama islam. Orang yang mengerjakan sholat berarti telah menegakkan agama. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُودُهُ الصَّلاَةُ

“Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya  adalah shalat.” (Sunan Tirmidzi no. 2616 dan Sunan Ibnu Majah no. 3973)

5. Shalat adalah wasiat terakhir Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha mengatakan bahwa di antara wasiat terakhir Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah :

الصَّلاَةَ الصَّلاَةَ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ

“Jagalah shalat, jagalah shalat dan budak-budak kalian” (Musnad Imam Ahmad 6/290)

Wallahu a'lam bish shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar