Kamis, 01 Agustus 2019

Assalamualaikum 🙏 Cara Mandi Jumat


2 Agustus 2019 M
1 Dzulhijjah 1440 H

Oleh : Ustadz Yachya Yusliha

Cara Mandi Jumat

Assalaamu'alaikum wa rahmatullah Ustadz,

Ustadz, bgmn kaifiat mandi Jumat, apakah sama dengan mandi janabah (wudhu dulu, mandi dgn menyiram anggt tbh sblh kanan, dst)?


Jawab:

Bismillah adalah shalatu adalah salamu 'ala rasulillah, amma ba'du,

Kami memohon kepada Allah agar selalu menganugerahkan kepada kita hidayah sehingga bisa meniti sunah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sesuai dengan yang disebut ajarkan. Salah satunya, sunah kompilasi hari jumat.

Pada situs ini - semoga Allah menjadikannya bermanfaat bagi umat - telah kita bahas tata cara mandi junub. Anda dapat membahas di Cara Mandi Besar

Terkait mandi jumat, dalam beberapa hadis, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah menyebutkan mandi jumat sama seperti mandi junub. Dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,

مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الجُمُعَةِ غُسْلَ الجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ ، فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً…

Siapa yang mandi di hari jumat seperti mandi junub, kemudian dia berngkat jumatan (di waktu pertama) lalu berkurban onta… (HR. Bukhari 881 dan Muslim 850).

Imam al-Baji - ulama madzhab Maliki - (w. 474 H) mengatakan,

قوله من اغتسل يوم الجمعة غسل الجنابة يحتمل أن يريد به غسلا على صفة غسل الجنابة ويحتمل أن يريد به الجنب المغتسل لجنابته

Sabda beliau ' Siapa yang mandi di hari jumat seperti mandi junub ' bisa disetujui maksudnya mandi dengan tata cara seperti mandi junub. Bisa juga membahas maksudnya adalah orang junub yang mandi untuk menghilangkan hadas dihargai. (al-Muntaqa Syarh al-Muwatha ', 1/183).

Allahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar